PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS II SD

Lisdyana, Dyah Catur (2018) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS II SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
DYAH CATUR LISDYANA (158620600179).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya presentase tingkat kemampuan penalaran siswa kelas IIA tentang soal cerita matematika materi perkalian yakni menunjukan 66% dengan kategori sedang. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pernalar siswa kelas IIA SD Cendekia Sidoarjo melalui pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan sebagyak dua siklus, di mana siklus I dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan dan siklus II dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan di antaranya identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi perencanaan. Pengumpulan data diperoleh menggunakan metode tes tulis dengan instrumen tes berupa soal uraian tentang soal cerita yang berhubungan denganperkalian sebagai penjumlahan berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SD Cendekia Sidoarjo yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase tingkat kemampuan penalaran pada siklus I yaitu 74% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II, presentase tingkat kemampuan penalaran yaitu 94% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa kelas IIA SD Cendekia Sidoarjo dapat meningkat setelah diterapkannya pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pelajaran Matematika materi perkalian sebagai penjumlahan berulang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan Penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:41
Last Modified: 04 May 2018 01:41
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item