Ramadhani, Reva Febi (2018) PENERAPAN METODE PQR4 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA KELAS IV SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
REVA FEBI RAMADHANI. 158620600172.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (119kB) |
Abstract
Pendidikan bahasa merupakan suatu kemampuan yang dimilliki manusia yang dipergunakan untuk berkomunikasi orang satu dengan yang orang lain. Dalam dunia pendidikan diperlukan adanya mata pelajaran bahasa, khususnya di SD/MI mata pelajaran bahasa Indonesia diwajib dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya pemahaman membaca di kelas tingkat tinggi tidak hanya menemukan ide pokok tetapi pemahaman dalam membaca. Dengan permasalahan yang ada dalam kelas maka dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan metode PQR4 (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) langkah-langkah pembelajarannya yakni membaca sekilas, Tanya dan jawab, membaca intensif (dalam hati), memahami, mengingat, dan mengulang. Hal ini membuktikan bahwa penelitian tindakan memiliki pengaruh terhadap menggunakan metode PQR4 telah terbukti dan meningkatkan pemahaman membaca peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Membaca, Metode PQR4 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 00:37 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 06:46 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2964 |
Actions (login required)
View Item |