PENGGUNAAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINGKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (KELAS IV DI MI ASSASUL MUTTAQIN KEDUNG BULUS)

usfuriah, devi PENGGUNAAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINGKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (KELAS IV DI MI ASSASUL MUTTAQIN KEDUNG BULUS). PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
DEVI USFURIAH (158620600041) FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengggunakan desain penelitian menurut model Kemmis & MC Taggart. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan metaphorical thingking. (2) Untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran matematika melalui pendekatan metaphorical thingking. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi kemampuan berfikir kreatif peserta didik, tes kemampuan berfikir kreatif peserta didik, dan tes soal matematika. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil observasi kemampuan berfikir kreatif yaitu 42 % pada siklus 1 dan 92% pada siklus 2 (2) Hasil dari tes kemampuan berfikir kreatif yaitu 42% pada siklus1 dan siklus 83% pada siklus 2 (3) Hasil dari tes soal matematika pada siklus 1 sebesar 76,8% dan siklus 2 sebesar 83,3%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berfikir, metaphorical thingking, kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 12:09
Last Modified: 04 May 2018 07:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item