PENERAPAN PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA KELAS V PADA MATERI PECAHAN

Puspitasari, Rinda Eka PENERAPAN PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA KELAS V PADA MATERI PECAHAN. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
RINDA EKA PUSPITASARI (158620600074).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)

Abstract

Permasalahan pada pelajaran matematika adalah rendahnya penalaran siswa terhadap pelajaran matematika sehingga akibatnya hasil belajar siswa rendah. Permasalahan pada siswa kelas V SDN Gamping 02 adalah (1) minat belajar siswa rendah; (2) siswa tidak memahami konsep dengan baik; (3) siswa tidak memahami soal dengan baik; (4) siswa tidak bisa menyelesaikan jawaban dengan tepat; (5) ketelitian siswa rendah; (6) hasil belajar siswa rendah; (7) penalaran siswa rendah. Pangkal permasalahan tersebut adalah rendahnya penalaran siswa yang menimbulkan masalah-masalah lain tersebut. Sehingga solusi yang diberikan adalah dengan menerapkan pembelajaran LAPS-heuristik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran LAPS-Heuristik yang dapat meningkatkan penalaran siswa kelas V pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus 1 pertemuan. Pada siklus I menununjukkan bahwa hasil tes untuk mengetahui tingkat penalaran siswa, pemahaman konsep, pemahaman soal, penyelesaian jawaban, ketelitian, dan hasil belajar siswa sebesar 60% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Sedangkan hasil observasi untuk mengetahui minat belajar siswa sebesar 53% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Dan pada siklus II menununjukkan bahwa hasil tes untuk mengetahui tingkat penalaran siswa, pemahaman konsep, pemahaman soal, penyelesaian jawaban, ketelitian, dan hasil belajar siswa sebesar 95,6% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Sedangkan hasil observasi untuk mengetahui minat belajar siswa sebesar 74% dari kriteria keberhasilan minimal 70%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran LAPS-Heuristik dapat meningkatkan penalaran siswa kelas V SDN Gamping 02 pada materi pecahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran LAPS-Heuristik, penalaran, pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 09:00
Last Modified: 03 May 2018 09:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item