Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media SEQIP di Kelas IV SDN Candipari II Porong

Yip, Yezlin Rovina Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media SEQIP di Kelas IV SDN Candipari II Porong. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Yezlin Rovina Yip (158620600069).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)

Abstract

Tujuan Permasalahan ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Candipari II Porong pada mata pelajaran IPA dengan media SEQIP (Science Education Quality Improvement Project). Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Candipari II Porong ini dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajarnya cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga dalam proses belajar mengajar siswa cenderung bersikap pasif tidak membuat siswanya menjadi aktif, pembelajarannya dapat dikatakan pembelajarannya lebih berpusat pada guru, sehingga peserta didik jarang komunikasi dengan temannya untuk membahas materi dan susah untuk memecahkan masalah yang ada. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dicarikan solusi yang tepat yakni dengan menerapkan media SEQIP. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Candipari II Porong yang berjumlah 30 orang siswa. Data dikumpulkan melalui (1) data skor hasil belajar dari siklus I dan siklus II (2) data tentang aktivitas siswa menggunakan lembar observasi, dan (3) hasil wawancara terhadap siswa sebagai respon dalam penggunaan media SEQIP. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, dimana sebelum di lakukan tindakan presentasi ketuntasan siswa 46,67% kemudian meningkat pada siklus I dengan presentase 66,67% dan pada siklus II presentase keberhasilannya menjadi 83,33% berdasarkan hasil analisis data

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA, Media SEQIP (Science Education Quality Improvement Project)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:52
Last Modified: 03 May 2018 08:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item