Setyowati, Ayuk Diah PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA ISI WACANA BAHASA INDONESIA KELAS V. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
AYUK DIAH S (158620600066).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (129kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya siswa dalam memahami isi wacana yang ada pada soal bahasa indonesia kelas V SDN Candi Pari 2 Sidoarjo. Selain itu guru dalam mengajar pembelajaran pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia kurang inovatif dan masih terlalu pasif sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran juga kurang aktif dan kurang minat dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca isi wacana yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Candi Pari 2 Sidoarjo Tahun Ajaran 2017/2018 dengan melalui penerapan model pembelajaran Cooperative type CIRC (Integrated Reading and Composition). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Candi Pari 2 Sidoarjo yang berjumlah 23 siswa. penelitian ini menggunakan teknik Kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative tipe CIRC dapat (1) meningkatkan siswa dalam memahami isi wacana yang dibacanya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) Siswa juga aktif dalam pembelajaran, (3) siswa mulai minat untuk membaca isi bacaan yang dibacanya (4) menurunnya peran guru dalam pelaksaan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran yang pasif (5) meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa IndonesiaKata Kunci : Cooperative tipe CIRC, Kemampuan membaca isi bacaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative tipe CIRC, Pemahaman membaca isi wacana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 08:47 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:55 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2947 |
Actions (login required)
View Item |