PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI CIRC PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III

Silviani, Ariyanti Eka PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI CIRC PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
ARIYANTI EKA SILVIANI (158620600079) baru.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (491kB)

Abstract

Latar belakang pada MI Raudlatul Muta’alimin 1 wonokasian pada kelas III ini yaitu kurangnya kreatifitas pendidik dalam penyampaian materi pada peserta didik dan kurangnya penggunaan media yang digunakan saat pembelajaran, kurangnya pemahaman peserta didik saat guru menyampaikan materi. Rumusan masalah penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III di MI Raudlatul Muta’alimin I wonokasian. Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pada peserta didik, 2. Untuk menigkatkan pemahaman peserta didik melalui model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), 3. Untuk mengaktifkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan penelitian di lakukan dalam tiga siklus, yaitu pada siklus yang berbeda. Yang pertama melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan. Kemudian penelitian ini dilakukan pada MI Raudlatul Muta’alimin I wonokasian pada siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Data dari hasil belajar siswa melalui tes peilaian posttest. Kemudian analisis hasil pemahaman siswa setelah tindakan siklus 1 dapat diketahui bahwa nilai rata-rata yang di peroleh yaitu 50,47 dengan ketuntasan pemahaman belajar klasikal mencapai 25%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 75,42 dengan ketuntasan pemahaman belajar klasikal 78,94%, kemudian nilai rata-rata pada siklus III 89,68 dengan ketuntasan pemahaman belajar mencapai 98,54%. Dari hasil analisis pemahaman belajar siswa pada tindakan siklus I diperoleh hasil 60 % dengan kriteria cukup. Dan pada siklus II aktivitas siswa mecapai 76,44 % dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus III mencapai 87% dengan kriteria amat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, CIRC, Tingkat Pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:39
Last Modified: 03 May 2018 08:39
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item