Damayanti, Eka PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Eka Damayanti (158620600065).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (80kB) |
Abstract
Penelitian tindakan ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang mata pelajaran IPA materi sumber energi bunyi beserta sifat-sifatnya, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pertumbuhan keterampilan berpikir kritis siswa-siswa kelas IV semester genap SDN Kebon Sikep Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi yang dipergunakan untuk mencari informasi. Hasil data tentang pemahaman konsep siswa didapatkan dengan cara melakukan tes pada saat pembelajaran selesai baik dalam siklus 1 maupun siklus 2, adapun data tentang keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini yaitu bahwa pembelajaran guided inquiry ini mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas IV SDN Keboan Sikep Sidoarjo.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided inquiry, metode pembelajaran, berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 03 May 2018 08:34 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:53 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2940 |
Actions (login required)
View Item |