PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Damayanti, Eka PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Eka Damayanti (158620600065).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (80kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang mata pelajaran IPA materi sumber energi bunyi beserta sifat-sifatnya, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pertumbuhan keterampilan berpikir kritis siswa-siswa kelas IV semester genap SDN Kebon Sikep Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi yang dipergunakan untuk mencari informasi. Hasil data tentang pemahaman konsep siswa didapatkan dengan cara melakukan tes pada saat pembelajaran selesai baik dalam siklus 1 maupun siklus 2, adapun data tentang keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini yaitu bahwa pembelajaran guided inquiry ini mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas IV SDN Keboan Sikep Sidoarjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry, metode pembelajaran, berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:34
Last Modified: 03 May 2018 08:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item