PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA SD

Rahmawati, Novika Nur PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA SD. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Novika Nur Rahmawati (148620600136).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini di rancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Round Table pada siswa kelas IVB SD Negeri Keboansikep 1 Kecamatan Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mac Taggart yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Didalamnya terdapat langkah – langkah merencanakan, observasi, penelitian tindakan dan reflesi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Keboansikep 1 Kecamatan Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik yang di gunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IVB SD Negeri Keboansikep 1 Kecamatan Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil ketuntasan siswa pada setiap siklus berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70 yaitu: dari 36 siswa, pada pra tindakan siswa yang berhasil mendapat nilai di atas KKM sebesar 20,08%. Mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 72,08% dan telah melampaui indikator keberhasilan dengan hasil 82,24% pada siklus ke 2. Ini artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dalam meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa siswa dinyatakan berhasil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Round Table, keterampilan menulis aksara Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:25
Last Modified: 03 May 2018 08:44
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2935

Actions (login required)

View Item View Item