PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Lutfiana, Lina PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Lina Lutfiana (158620600221).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (55kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SDN Keboansikep 1 Gedangan yakni : (1) Siswa kurang memahami materi pembelajaran (2) Anggapan siswa terhadap mata pelajaran matematika yang menjenuhkan (3) hasil belajar siswa yang dibawah rata-rata. Dalam permasalahan tersebut dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Open Ended Problem dimana guru menjadikan permasalahan dalam pembelajaran dapat terselesaikan dengan berbagai macam solusi melalui pemecahan masalah. Guru juga tidak hanya memberikan pengetahuan saja, melainkan juga harus memberikan wadah bagi siswa untuk dapat bekerjasama dan memecahkan suatu masalah dengan cara berinteraksi sesama teman sekelompoknya. Dengan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Open Ended Problem ini diharapkan siswa juga dapat berfikir kritis dan menyalurkan ide-ide serta pemikiran pada kelompoknya sesuai dengan kemampuan yang ada dalam diri mereka masing-masing. Dari penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN Keboansikep 1 Gedangan, maka peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Rata-rata persentase minat belajar dengan pemberian angket pada pra siklus sebesar 46,33% terlihat mencapai target kurang minat, sedangkan pada siklus I sebesar 53,78% terlihat mencapai target cukup minat dan terlihat peningkatan sebesar 7,45%. Dan pada siklus II menjadi 81,47% yang terlihat telah mencapai target minat. (2) Rata-rata presentase hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 91,13% dan pada siklus II sebesar 99,7%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended Problem, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:11
Last Modified: 03 May 2018 08:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item