MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY)

Zannah, Miftakhul MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY). PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Miftakhul Zannah (158620600103).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (151kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditori Visual Intelectual) siswa kelas III-B SD Negeri Celep I Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas III-B SD Negeri I Celep Sidoarjo. Siswa kelas III-B SD Negeri Celep I Tahun pelajaran 2017/2018 Sidoarjo yang menjadi sumber data dalam penelitian. Sumber data berjumlah 26 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi dan tes. Dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Atas dasar hasil penelitian, diperoleh kesimpulan yaitu penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditori Visual Intelectual) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III-B SD Negeri Celep I Sidoarjo. Melalui hasil analisis tes keaktifan untuk mengetahui keberhasillan keaktifan siswa belajar dilaksanakan awal dan setelah pelaksanaan siklus. Tndakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklus 1 kali pertemuan. Secara deskriptif kualitatif, data dianalisis lalu didapatkan hasil yaitu peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II. Hasil penelitian tertuang dalam presentase keaktifan belajar pada siklus I mencapai 19,23 % dari 26 siswa yaitu sebanyak 5 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 38,46 % dari 26 siswa yaitu sebanyak 10 siswa. Dengan melihat hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat karena telah menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Pembelajaran SAVI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 08:05
Last Modified: 03 May 2018 08:05
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item View Item