PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA KEGIATAN MENCONGAK SISWA SEKOLAH DASAR

Hidayanti, Rifka PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA KEGIATAN MENCONGAK SISWA SEKOLAH DASAR. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
RIFKA HIDAYANTI (158620600118).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan mind mapping dan bagaimana cara meningkatkan metakognisi siswa dalam kegiatan mencongak. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjadi dasar hukum dalam membangun pendidikan nasional yang mengimplementasikan prinsip demokrasi, desentralisasi, dan otonomi pendidikan yang menjunjung tinggi hak asasi manusia. Keterampilan metakognitif tidaklah muncul dengan sendirinya, namun diperlukan latihan sehingga menjadi kebiasaan, pendapat ini dikemukakan oleh Lidnillah (2014). Mind mapping diartikan sebuah sistem berpikir yang bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak manusia dan mampu membuka serta memanfaatkan seluruh potensi dan kapasitasnya, kalimat tersebut dikemukakan oleh Windura (2009). Subjek pada penilitian ini adalah siswa kelas III-A Sekolah Dasar berjumlah 28 anak terdiri atas 14 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Validitas penelitian ini melalui instrument observasi dan wawancara. Cara mengukur metakognisi siswa dalam kegiatan mencongak menggunakan mind mapping: Siswa = (Jumlah siswa yang mendapat nilai KKM )/(Jumlah keseluruhan siswa) x 100%. Banyak siswa yang berhasil mendapatkan hasil sesuai dengan bantuan mind mapping yang diberikan serta mampu mencapai ketentuan yang sudah ditetapkan. Ini semua karena antusias siswa dengan strategi yang digunakan dapat menarik siswa untuk memahami materi tersebut dengan mudah dan siswa juga mampu mengingatnya dengan baik. Penerapan mind mapping dalam meningkatkan metakognisi siswa juga membuat siswa semakin kritis dalam menyelesaikan masalah yang siswa dapati dengan pemikiran yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mind mapiing, metakognisi, mencongak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 07:53
Last Modified: 03 May 2018 07:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item View Item