PENERAPAN MODEL CTL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR

Rachmawati, Diana Dwi PENERAPAN MODEL CTL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
DIANA DWI RACHMAWATI (158620600080).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model contextual teaching and learning menggunakan media gambar yang dapat menigkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa kelas II SDN Celep 01 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan bekerja sama antara guru dan peneliti dan dan subyek teliti di adalah kelas II. adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, foto dan tes. Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan II. Hasil penelitian menujukkan bahwa meningkatnya prestasi belajar siswa daan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indobesia materi mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan dan hewan. Pada siklus I adanya peningkatan presentase 66,67% .Hal tersebut membuktikan bahwa dari 30 siswa, hanya 20 siswa yang tuntas mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan mencapai presentasi 86%. Hal tersebut menunjukan bahwa dari 30 siswa sudah mencukupi standard untuk mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah terjadi peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model CTL, prestasi belajar, keaktifan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 07:44
Last Modified: 03 May 2018 07:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item View Item