Penggunaan Model Kooperatif Think Pairs Share Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter

Rahayu, Danti Sri Penggunaan Model Kooperatif Think Pairs Share Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter. PTK A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Danty Sri rahayu 158620600114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (513kB)

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) suatu model pembelajaran kooperatif yang memberikan waktu bagi para siswa untuk berpikir, merespon dan saling membantu sesama satu sama lain. Model ini memperkenalkan ide “waktu berpikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam merespon sebuah pertanyaan yang diberikan oleh para pendidik. Model yang digunakan ini sangat sederhana karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengatur tempat duduk dan mengelompokkan siswa. Dalam pembelajaran ini para siswa dilatih untuk berani mengungkapkan pendapatnya dan bisa menghargai pendapat dari teman yang lainnya. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar dan karakter siswa dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini sejenis penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan pada siswa kelas IV MI Roudlatul Muta’allim 1 Wonokasian, kecamatan Wonoayu. Instrument penelitian berupa observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi selama proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan karakter siswa yang diinginkan, seperti tanggung jawab, disiplin, dan saling membantu sesame temannya yang sedang kesulitan dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TPS meningkatkan hasil belajar dan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 03 May 2018 07:39
Last Modified: 03 May 2018 08:36
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item