Kartu Domica Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Amir, Mohammad Faizal and Wardana, Mahardika Darmawan Kusuma (2017) Kartu Domica Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017 Universitas Kanjuruhan Malang. pp. 23-31.

[img] Text
Sampul Semnasdikmat Unikama.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Dewan Redaksi dan katapengantar.pdf

Download (268kB)
[img] Text
daftarisi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Artikel Prosiding Domica.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Sertifikat Semnasdikmat Unikama.pdf

Download (670kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahaun dan teknologi tentu disertai penemuan hal-hal baru yang belum pernah ada atau memodifikasi yang sudah ada. Perkembangan ini membutuhkan kemampuan mencipta dan menginovasi karya sehingga seseorang dikatakan kreatif. Sampai saat ini harapan besar tersebut untuk mencetak siswa yang kreatif melalui pendidikan dasar khususnya pada matapelajaran matematika belum dapat terpenuhi secara harfiah. Fakta di sekolah berdasarkan studi pustaka yang dilakukan peneliti menunjukkan sebagian besar guru masih belum menempatkan aspek kreativitas sebagai fokus pembelajaran, pembelajaran masih bersifat konvensional tanpa mengimplementasikan pembelajaran inovatif dan masih minimnya ketersedian media yang dapat membuat siswa bermain sekaligus melatihkan siswa berpikir kreatif. Pecahan sebagai salah satu materi matematika juga menjadi masalah karena dipandang sulit oleh siswa, konsekuensi logis dari situasi ini adalah kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sulit ditumbuhkan. DomiCa (Domino Pecahan) berbasis open ended dapat menjadi solusi dari minimnya kreativitas siswa tersebut. Kartu ini memiliki 2 jenis kartu pada materi pecahan biasa dan campuran dan 1 jenis kartu terdiri dari materi pecahan biasa, persen, desimal, dan persen. Aspek kreativitas yang dapat ditumbuhkan melalui kartu ini adalah fleksibiltas, kefasihan, dan kebaharuan. Sehingga melalui penggunaan kartu domica dapat dijadikan sebagai alternatif untuk melatihkan dan menumbuhkan kreativitas siswa mulai dari sejak bangku sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media, kartu, domino, pecahan, berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 01 May 2018 06:11
Last Modified: 09 Mar 2019 06:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item