PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI CERITA SISWA KELAS 1 SDN KARANGTANJUNG

ayu rosyidah, neneng (2017) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI CERITA SISWA KELAS 1 SDN KARANGTANJUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
138620600051.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil observasi peneliti pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi melengkapi cerita sebagian besar siswa kelas I SDN Karagtanjung belum bisa memilih kata yang tepat. penyebab utamanya masalah tersebut adalah ada yang tidak mengisi karena belum memahami, ada yang melengkapi tetapi tidak sesuai, beberapa kata siswa masih kesulitan dalam melengkapi bagian cerita yang bergambar. Oleh karena itu peneliti mencoba mengembangkan kembali dengan menggunakan media gambar berseri agar siswa dapat melengkapi cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penenlitian ini menggunakan pre-eksperimen design yang ada peneliti menggunakan One-group pretest- posttest design. Populasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah 18 siswa kelas I SDN Karangtanjung. Teknik ix sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data uji hipotesis deskriptif menunjukkan bahwa hasil rata-rata dari pretest adalah 76 dan hasil rata-rata dari nilai posttest adalah 78. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa mengalami kenaikkan, sehingga terdapat pengaruh positif dari media gambar berseri terhadap kemampuan melengkapi cerita siswa kelas I di SDN Karangtanjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: media; gambar; berseri; kemampuan; melengkapi; cerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:51
Last Modified: 11 Apr 2018 08:51
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item