PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SAWOCANGKRING WONOAYU SIDORJO

PRATIWI, EKA DESSY (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SAWOCANGKRING WONOAYU SIDORJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (138620600155).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pratiwi, Eka Dessy. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dosen Pembimbing Dr. Akhtim Wahyuni, M.Ag. Di SD Negeri Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo pada mata pelajaran IPS kelas IV terdapat permasalahan, antara lain: siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran di kelas dan minat belajar siswa kurang terhadap materi yang diajarkan, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut dilihat berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Pada kenyataan itulah peneliti melakukan suatu penelitian untuk mengetahui sebarapa tingkat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hsil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (eksperimen) menggunakan metode Pre-Experimental Design (nondesigns) bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang dijadikan dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV SD Negeri Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo. Teknik sampling dalam penelitain ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar kognitif siswa yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan perhitungan menunjukkan rata-rata skor pretest siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index card match adalah 55,57 dan rata-rata skor posttest setelah diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index card match adalah 84,80. Sedangkan untuk menguji seberapa tingkat pengaruh menggunakan rumus N-gain mencapai 0,5 dan masuk ke dalam kriteria penjenjangan yang berarti terdapat pengaruh sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif index card match; hasil belajar; N-gain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:19
Last Modified: 06 Apr 2018 06:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item