PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN KUPANG 1 JABON

Pratiwi, Hanun Ika (2018) PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN KUPANG 1 JABON. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI HANUN IKA PRATIWI - 138620600198.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN Kupang 1 Jabon. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen tipe One- Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III di SDN Kupang Jabon yang terdiri dari 33 siswa. Sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh karena seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini lembar hasil test Pretest dan Posttest. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan uji N-gain untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS) siswa setelah diberi perlakuan. Dengan menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) menunjukkan ada pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,54. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) mempunyai pengaruh “sedang” terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Kupang 1 Jabon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS);Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:23
Last Modified: 06 Apr 2018 06:23
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item