PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KUPANG 1 KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO

Lestari, Firda (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KUPANG 1 KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI FIRDA LESTARI 138620600153.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (50MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Model Pemebelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar kognitif terhadap siswa kelas IV SDN Kupang 1 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Desain penelitian ini menggunakan pra-eksperimental yaitu “one group pretest-postest design” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kupang 1 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo sebanyak 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Random sampling dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sample populasi dilakukan secaraa cak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar menggunakan validasi ahli berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif, yang digunakan untuk mendapatkan hasil pretest dan posttest. Lembar tes hasil belajarberisi 15 soal jenis uraian yang meliputi ranah C1-C6. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggunaan g faktor (N-Gain) yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa dan nilai N-Gain digunakan untuk membandingkan peningkatan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di SDN Kupang 1 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji N-gain diperoleh sebesar 0,55. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek mempunyai pengaruh “Sedang” terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Kupang 1 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:56
Last Modified: 06 Apr 2018 06:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item