STUDI KASUS KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK TUNAGRAHITA SDN INKLUSI KEBONAGUNG II SUKODONO

windayati, Nur (2018) STUDI KASUS KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK TUNAGRAHITA SDN INKLUSI KEBONAGUNG II SUKODONO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi_universitas muhammadiyah sidoarjo_2017.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Studi Kasus Konsentrasi Belajar Pada Anak Tunagrahita SDN Inklusi Kebonagung 2 Sukodono. Anak Tunagrahita adalah anak yang memiliki intellegensi di bawah rata-rata atau memiliki IQ dibawah 70. Sehingga membutuhkan penanganan secara khusus. Anak tunagrahita sulit untuk berkonsentrasi karena intellegensinya yang terbatas. Berfikir secara abstrak menyebabkan Nisa kesulitan untuk perkembangan intellegensi yang di dapatkan. Agresif pada anak tunagrahita akan mudah di dapat karena faktor yang memepengaruhinya, salah satunya faktor dari lingkungan keluarga. Konsentrasi belajar akan mempengaruhi pencapaian belajar. Maka konsentrasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor perlu untuk di ketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi kasus konsentrasi belajar pada anak tunagrahita SDN kebonagung 2 sukododno. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Data penitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan penelitian studi kasus konsentrasi belajar pada anak tunagrhita SDN inklusi kebonagung ada 2 yakni: 1) Kurangnya sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus, 2) Orang tua yang kurang memahami dalam perkembangan anak tunagrahita, 3) Terbatasnya pengetahuan guru dalam penangan anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar; Anak Tunagrahita ; Pendidikan Inklusi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:55
Last Modified: 04 Apr 2018 08:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item