IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN PAKET C PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO (Studi di PKBM Diponegoro Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo)

Setyawati, Emilia (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN PAKET C PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO (Studi di PKBM Diponegoro Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi lengkap-142020100042.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Implementasi Program Pendidikan Paket C Pada Dinas Pendidikan Sidoarjo di PKBM Diponegoro Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo sangat menarik untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Hal ini dikarenakan adanya fenomena bahwa, masih adanya masyarakat yang tidak mengikuti pembelajaran dan ujian karena keterbatasan waktu atauupun tidak dapat ijin dari pekerjaan, kurangnya dana untuk sarana prasarana sehingga menggunakan alat tulis seadanya, dan biaya operasinal yang dikeluarkan tidak sebanding dengan dana yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan Implementasi Program Pendidikan Paket C Pada Dinas Pendidikan Sidoarjo di PKBM Diponegoro Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan jenis data yaitu data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi Program Pendidikan Paket C Pada Dinas Pendidikan Sidoarjo di PKBM Diponegoro Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari sumber daya anggaran yang sangat minim yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. Terkait dengan faktor pendukung dalam implementasi program pendidikan paket C yaitu banyaknya masyarakat yang membutuhkan ijazah setara SMA/MA serta banyaknya tutor yang berkompeten dan berkeinginan untuk mengajar sedangkan faktor penghambat dalam implementasi program pendidikan paket C yaitu Sumber daya anggaran yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan implementasi program pendidikan paket C belum mencukupi dan kurangnya sarana dan parasarana praktik, serta tidak adanya kepemilikan gedung sendiri untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Implementasi; Pendidikan Paket C
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of State Administration
Depositing User: an umsida
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:16
Last Modified: 03 Apr 2018 07:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item