Pendidikan Karakter dalam Tafsir al-Marâghî (Kajian Tafsir Pendidikan Surat Luqman)

Chamidi, Ya'qub (2018) Pendidikan Karakter dalam Tafsir al-Marâghî (Kajian Tafsir Pendidikan Surat Luqman). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
6. Thesis lengkap-158610800052.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Era informasi yang saat ini terjadi di Indonesia berdampak pada kemerosotan karakter anak bangsa. Karena itu, aspek moralitas atau pendidikan karakter menjadi pembicaraan hangat dalam dunia pendidikan. Pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia saat ini dirasakan mendesak. Dunia pendidikan harus bisa memberi peran penting dalam menangkal dekadensi moral bangsa. Antara lain berupaya membentuk manusia yang berkarakter, sebagaimana fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003, yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Inilah dasar pendidikan karakter yang kemudian dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, dengan mengacu kepada pendidikan budaya dan karakter bangsa. Pengembangan menghasilkan 18 nilai karakter, salah satunya adalah nilai religious. Agama mayoritas masyarakat adalah Islam, maka Islam hadir dengan memberikan kontribusi konsep pendidikan karakter. Salah satunya adalah dengan menggali pemikiran Akhmad Musthafa al-Marâghî, melalui kitabnya Tafsir al-Marâghî. Penulisan tesis ini bertujuan untuk memberikan deskripsi secara komprehensif tentang Konsep Pendidikan Karakter dalam kitab Tafsir al-Marâghî yang ditulis oleh Ahmad Musthafa al-Marâghî. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan data literer. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan editing, organizing, penemuan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasioanal yang terdiri dari 18 nilai adalah relevan terhadap pendidikan kontemporer di Indonesia, sebagaimana dalam Tafsir al-Marâghî, Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19, yaitu karakter religious yang meliputi karakter bersyukur, iman, berbakti kepada kedua orangtua, meyakini adanya tempat kembali, dan sabar. Selain itu terdapat pula karakter peduli lingkungan, peduli sosial, jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan bersahabat atau komunikatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; tafsir al-Marâghî; pendidikan kontemporer.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master's of Islamic Education
Depositing User: mpdi umsida
Date Deposited: 02 Apr 2018 03:22
Last Modified: 02 Apr 2018 03:22
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item