analisis pembelajaran bahasa arab dalam kurikulum 2013 tingkat madrasah tsanawiyah

lailiana, febri (2018) analisis pembelajaran bahasa arab dalam kurikulum 2013 tingkat madrasah tsanawiyah. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 152071900016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Febri Lailiana, Analisis Pembelajaran Bahasa Arab dalam Kurikulum 2013. Skripsi Sidoarjo: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2018. kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan. Dalam pengembangannya kurikulum memiliki kelebihan dan kekurangan baik dibidang internal maupun eksternal. Pada kesempatan ini peneliti akan memaparkan analisis pembelajaran bahasa arab dalam kurikulum 2013. Objek yang akan diteliti meliputi perkembangan kurikulum secara non lingguistik, dimana para pakar bahasa Arab menemui kelebihan dan kekurangan yang muncul dari aplikasi penggunaan pendekatan dan strategi pembelajaran pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013, kelebihan dan kekuragan pendekatan saintifik dan strategi pembelajaran discovey dan inquiry dalam kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research). Oleh karena itu penulis menganalisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dan 4 strategi pembelajaran. Kelebihan dan kelemahan menggunakan pendekatan saintifik dan startegi pembelajaran Discovery dan Inquiry yaitu a) kelebihan : terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengasah empat keterampilan berbahasa dengan maksimal. b) Kelemahan : ranah sikap tidak dapat disampaikan melalui kegiatan menalar, Penyampaian ranah kognitif tidak bisa dilakukan dengan proses metode ilmiah secara teoritis, Mengkomunikasikan dalam ranah ketarampilan digunakan untuk melatih 4 keterampilan dalam berbahasa arab, terdapat multi tafsir dalam 5 kegiatan pada pendekatan saintifik, waktu dan jumlah peserta didik berdasarkan kurikulum 2013 menjadi penghambat proses mencari dan menemukan pengetahuan, dan dalam kegiatan mencari dan menemukan pengetahuan peserta didik harus memakai proses bimbingan pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: analisis; Pembelajaran bahasa Arab; Kurikulum; Metodologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 31 Mar 2018 02:34
Last Modified: 31 Mar 2018 02:34
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item