penggunaan kitab al asyry pada pembelajaran bahasa arab di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan

KHASANAH, USWATUN (2018) penggunaan kitab al asyry pada pembelajaran bahasa arab di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi_universitas muhammadiyah sidoarjo_20171.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAKSI Khasanah.Uswatun Penggunaan buku Al ashry dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VIII di SMP MUHAMMADIYAH 5 TULANGAN. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2018. Kata kunci: buku Al ashry, Pembelajaran bahasa arab ketepatan penerapan buku pembelajaran adalah langkah tepat yang tidak dapat dikesampingkan. Memilih buku belajar yang mampu merangsang peserta didik berperan secara aktif adalah solusi yang perlu dipertimbangkan.tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan buku al-Ashri dan untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan buku al-Ashri dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Pada penelitian kali ini mengunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian postpositivistik, Postpositivisme disebut sebagai paradigma interpretif dan konstruktif, yang memandang realitas sosial sebagai sesuatu yang holistic / utuh , kompleks, dinamis, penuh makna dan hubungan gejala bersifat interaktif ( reciprocal).teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menngunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku al ashry selalu diawali dengan pengenalan mufrodath yang dilakukan dengan pelafalan oleh guru dan ditirukan oleh siswa selanjutnya penjelasan makna.langkah selanjutnya adlah menyimak dimana siswa menyimak hiwar oleh guru dan siswa menjelaskan alur ceritanya. Langkah ketiga adalah qiroah, siswa dimintaguru untuk membaca text dalam buku.langkah yang ke empat adalah penjelasan stuktur kalimat oleh guru dan dilanjutkan dengan penegrjaan tamrinat atau evaluasi sebagai penutup.kelebihan buku al ashri adalah mencakup empat maharoh yakni; kalam, qiroah, kitabah, istima’.materi dikemas secara padat dan desain yang modern., serta dilengkapi dengan evaluasi di setiap akhir tema.kekurangan buku al ashri adalah kurang lengkapnya kamus yang berisikan mufrodath dalam tiap tema. the accuracy of the application of textbooks is a precise step that can not be ruled out. Choosing a study book that is able to stimulate learners to play an active role is a solution that needs to be considered. The purpose of this study is To know the application of al-Ashri book and to know the advantages and disadvantages of al-Ashri book in learning Arabic in class VIII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. In this research using qualitative research method that is postpositivistic research method, Postpositivism is called as interpretive and constructive paradigm, which view social reality as something holistic / intact, complex, dynamic, full of meaning and relation of symptom is interactive (reciprocal). used are interviews, observation and documentation. Data analysis in this research using data reduction model, data presentation, and conclusion. The research shows that the use of al-ashry book always begins with the introduction of mufrodath which is done by pronunciation by the teacher and imitated by the students next explanation of meaning. Next step is listening where the students listen hiwar by teachers and students explains the plot. The third step is qiroah, the student is asked to read the text in the book. The fourth step is the explanation of the sentence structure by the teacher and proceed with the tamrinate or the evaluation as closing. The excess of al ashri's book includes four maharoh namely; kalam, qiroah, kitabah, istima'.materi is packed in solid and modern design, and equipped with evaluation at each end of the theme. al-al-ashri's book deficiency is less complete dictionary containing mufrodath in each theme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: buku Al ashry; Pembelajaran bahasa arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 13 Mar 2018 06:20
Last Modified: 13 Mar 2018 06:20
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item