Sindy Wasdiyanti, Sindy Wasdiyanti and Supriyadi, Supriyadi (2024) Analisis Kesulitan Guru dalam Internalisasi Karakter Mandiri Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6 (3). pp. 338-346. ISSN 2715-5110
![]() |
Text
6171-Article Text-.pdf Download (429kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan guru dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini menggunakan 3 orang yaitu guru pendamping khusus siswa inklusi, guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode miles dan huberman tahap-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis kesulitan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi yaitu terdapat banyak kesulitan atau kendala yaitu kepribadian diri atau sifat dari setiap individu yang sulit untuk dibentuk, tingkat emosi siswa yang tidak dapat terkontrol, adaptasi diri dari lingkungan, dan faktor orang tua.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | Supriyadi Supriyadi |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:55 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/15928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |