Nurriska Tieto Oktaviani, Nurriska Tieto Oktaviani and Supriyadi, Supriyadi (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kegiatan Market Day di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (3). pp. 1-11. ISSN 3030-9158
![]() |
Text
Artikle Nurriska.pdf Download (344kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan berpikir kreatif melalui kegiatan hari pasar. Pendekatan ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas kelas VI di SDN Kalisampurno 1 Tanggulangin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles melalui tiga alur kegiatan secara bersamaan, yaitu reduksi data, kodensasi data, dan menarik kesimpulan atau verfikasi. Pengujian hasil data penelitian yang dikumpulkan dilakukan dengan teknik uji triangulasi, baik teknik maupun sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan hari pasar di sekolah dasar dapat menubuhkan kemampuan berfikir kreatif dengan empat indikator, yaitu berfikir lancar, berfikir luwes, berfikir orisinal dan berfikir rinci.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | Supriyadi Supriyadi |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:54 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:54 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/15919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |