Fenomena Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar

Siti Hajar Anisa Pebriana, Siti Hajar Anisa Pebriana and Supriyadi, Supriyadi (2024) Fenomena Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (3). pp. 1-13. ISSN 3030-9158

[img] Text
artikel.pdf

Download (355kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahmi fenomena pembulian verbal siswa sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Objek dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Kalisampurno 1 Tanggulangin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena perilaku pembulian verval ditemukan terdapat lima bentuk pembulian verbal, yaitu: (1) mengejek; (2) memanggil dengan sebutan orang tua; (3) mengucapkan kata kasar; (4) menyoraki, dan (5) mempermalukan. Kelima perilaku pembulian verval tersebut dipahami sebagai sesuai yang biasa dan bukan dinilai sebagai suatu bentuk penindasan atau tindakan yang buruk. Pembulian verbal dipersepsikan oleh subjek sebagai sesuatu yang menyenangkan, walaupun berdampak menimbulkan sikap saling tidak menghargai dan perkelahian.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: Supriyadi Supriyadi
Date Deposited: 10 Apr 2025 01:55
Last Modified: 10 Apr 2025 01:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item