Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Engklek pada Anak Kelompok A di TK Aura Kids Tulangan

Wardani, Maulidyah Kusuma and Rocmah, Luluk Iffatur (2022) Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Engklek pada Anak Kelompok A di TK Aura Kids Tulangan. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 11-20. ISSN 2685-0281

[img] Text
2. Yaa Bunaya_Maulidyah & Luluk Iffa - 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memahami lambang bilangan pada anak usia dini merupakan salah satu kemamampuan yang harus dicapai, untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Berdasarkan pengalaman peneliti, bahwa sebagian anak-anak kelompok A yang ada di TK Aura Kids Tulangan, mendapatkan permasalahan dimana sebagian dari mereka kesulitan mengenal lambang bilangan. Maka dari itu diperlukan penerapan permainan engklek untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Peneliti menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II untuk memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pada pra siklus sebagian besar anak masih memperoleh nilai rata-rata sebesar 39,44% sedangkan pada siklus I prosentase nilai meningkat sehingga diperoleh prosentas nilai menjadi 66,67% yang berarti kurang maksimal. Kemudian peneliti melanjutkan dengan memberi tindakan pada siklus II, setelah dilakukan penelitian pada siklus II ini prosentase nilai rata-rata anak menjadi 92,22%, sehingga dari perolehan rata-rata di siklus I dan siklus II mengalami peningkatan lagi. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara siklus I dan siklus II selama penelitian berlangsung. Dari hasil yang diperoleh terdapat peningkatan yang membuktikan bahwa dengan Permainan Engklek dapat meningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mrs luluk ifatur
Date Deposited: 20 Mar 2024 09:18
Last Modified: 20 Mar 2024 09:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item