STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI LURIK SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DAERAH KLATEN

Mangifera, Liana (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI LURIK SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DAERAH KLATEN. In: Seminar Nasional Ekonomi Bisnis 2016, 17 September 2016, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Liana Mangifera_224-235 fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Image
COVER PROSIDING SNEB & CFP FEB UMSIDA 2016.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_EDITORIAL_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB) | Preview

Abstract

Produk unggulan menggambarkan kemampuan daerah untuk menghasilkan produk, menciptakan nilai, memanfaatkan sumber daya secara real time, memberikan kesempatan kerja, menghasilkan pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah, memiliki prospek untuk meningkatkan produktivitas dan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan industri lurik sebagai Produk Unggulan Daerah di Kabupaten Klaten. Lokasi penelitian lurik industri di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan industri Lurik di Kabupaten Klaten adalah (1) Meningkatkan peran Pemerintah Kabupaten Klaten dalam promosi produk unggulan dan potensi pariwisata Klaten untuk menarik wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing untuk datang ke Kabupaten Klaten; (2) Pemanfaatan dalam penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan, bisnis manajemen yang baik, standarisasi produk, penggunaan optimalisasi modal yang digunakan untuk bersaing dengan produsen sejenis dari luar daerah; (3) Mengembangkan semangat kewirausahaan yang dimiliki oleh masyarakat dan bisnis untuk membangun industri kecil dan menengah yang mulai meningkat di kabupaten. Klaten, dalam rangka menghadapi globalisasi, pasar bebas dan keterbukaan dunia ekonomi ASEAN serta mengubah gaya hidup dan selera konsumen. Kata Kunci: Produk Superior , Lurik, Industri

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Produk Superior;Lurik;Industri.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Economics and Business > School of Management
Depositing User: Dewi Komalasari
Date Deposited: 10 Nov 2016 12:18
Last Modified: 10 Nov 2016 12:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item