FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN UMKM KREATIF

Wijanarko, Aris and Susila, Ihwan (2016) FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN UMKM KREATIF. In: Seminar Nasional Ekonomi Bisnis 2016, 17 September 2016, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Aris & Ihwal Susila_67-81 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Image
COVER PROSIDING SNEB & CFP FEB UMSIDA 2016.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_EDITORIAL_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi faktor kunci keberhasilan usaha kreatif khususnya pada usaha berskala mikro, kecil, dan menengah. Temuan penelitian ini sangat penting dalam rangka pengembangan usaha kreatif saat ini dan di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan lima pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kreatif yang membuka usahanya di Cangwit Creative Space di Kota Surakarta. Wawancara semi terstruktur dilakukan di tempat usaha untuk menanyakan perkembangan usaha mereka dan faktor – faktor yang mereka anggap menentukan keberhasilan usaha. Wawancara direkam, ditranskrip, kemudian dianalisis dengan analisis tema (thematic analysis) untuk mendapatkan tema-tema dan sub-tema yang menggambarkan faktor-faktor penentu keberhasilan usaha kreatif. Hasil penelitian menemukan bahwa ada empat faktor penentu keberhasilan UMKM kreatif di Kota Surakarta yaitu promosi, branding, minat berwirausaha, dan jaringan usaha. Hasil penelitian ini menyediakan benchmark bagi usaha sejenis yang ingin sukses dalam mengembangkan usahanya. Kata kunci: studi kasus, UMKM kreatif, faktor sukses

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: studi kasus; UMKM kreatif; faktor sukses.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Economics and Business > School of Management
Depositing User: Dewi Komalasari
Date Deposited: 10 Nov 2016 10:23
Last Modified: 10 Nov 2016 10:23
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item