Plagiasi WISATA ALAM DIGITAL DI KOTA KEDIRI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Rohman, Dijaya Plagiasi WISATA ALAM DIGITAL DI KOTA KEDIRI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika).

[img] Text
sktp-16-12-2021 10_24_35-16025 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Augmented Reality merupakan salah satu bentuk dari teknologi baru yang menggabungkan antara dunia realita dan dunia maya secara nyata. Augmented Reality berperan penting sebagai media perantara untuk memberikan sejumlah informasi yang lebih mudah dipahami oleh pengguna. Aplikasi bernama NaturalAR merupakan sebuah teknologi Augmented Realty yang dikembangkan untuk media promosi objek wisata alam di Kota Kediri. Tujuannya adalah meningkatkan pengalaman interaktif wisatawan dan memberikan informasi mengenai wisata alam di Kota Kediri. Model 3 Dimensi yang digunakan pada aplikasi NaturalAR berupa sejumlah objek wisata alam. Konsep NaturalAR dapat diterapkan dengan menggunakan media berupa peta sebagai penanda untuk menampilkan Model 3 Dimensi. Pengembangan NaturalAR dibuat dengan menggunakan salah satu metode dari SDLC (System Development Life Cycle) yaitu metode waterfall dan software Unity3D sebagai alat untuk pembuatan aplikasi. Bahasa bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. Dalam melakukan konfigurasinya, NaturalAR menggunakan Vuforia sebagai aset untuk membuat, menyimpan, dan mengatur data yang dibutuhkan pada pengembangan aplikasi Augmeted Reality.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Rohman Dijaya
Date Deposited: 10 Aug 2023 09:02
Last Modified: 10 Aug 2023 09:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item