Hasanah, Uswatun (2021) Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
13-Uswatun-780596.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (142kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 di dunia termasuk di Indonesia menyangkut kebijakan pemerintah, termasuk di bidang itu di bidang pendidikan. Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di sebagian besar wilayah di Indonesia didukung oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan siswa untuk belajar di rumah dengan bimbingan orang tua. Dengan kebijakan ini, guru dituntut kreatif dan inovatif dalam mengerjakan kurikulum sesuai dengan situasi dan kebutuhan yang ada. Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari kurikulum dan pembelajaran selama pandemi co-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menganalisis dan kemudian menggambarkan secara jelas masalah yang bersumber dari tinjauan pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Inovasi kurikulum merupakan keniscayaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, terutama untuk diskusi yang berbeda seperti saat ini dalam pandemi Covid-19. 2) Komponen kurikulum adalah tujuan, materi pembelajaran, proses pembelajaran, pencarian bantuan yang diperbarui dalam pelaksanaannya yaitu dengan memanfaatkan internet dan TVRI.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | Mr Mahasiswa PGMI |
Date Deposited: | 06 Feb 2021 18:25 |
Last Modified: | 06 Feb 2021 18:25 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8288 |
Actions (login required)
View Item |