Pembelajaran Inovatif Abad 21

Wahyuningsih, Arsita (2021) Pembelajaran Inovatif Abad 21. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
3-Arsita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)

Abstract

Dengan ditandai adanya perbedaan orientasi pembelajaran artinya paradigma abad 21 telah mengalami pergeseran. Pembelajaran sebelumnya menonjolkan pada literasi bacaan, tulisan, dan matematika, di mana pada abad 21 ini ketiganya dijadikan sebagai modal dasar untuk mengembangkan literasi baru yaitu literasi manusia, data, dan teknologi yang sangat penting untuk menghadapi era globalisasi saat ini dan era globalisasi untuk masa depan. Keterampilan hidup dan karir, keterampila inovasi dan pembelajaran, dan keterampilan informasi, media dan TIK adalah fokus utama pembelajaran inovatif pada abad 21 untuk melatih keterampilan esensial sesuai framework for 21 st century. Sistem pembelajaran untuk melatihkan keterampilan esensial tersebut mengarah pada pembelajaran yang interaktif, holistik, integrative, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik, sehingga dalam pelaksanaannya pendidik dapat merencanakan model pembelajaran yang dapat mengakomodir keseluruhan karakteristik tersebut. Penilaian dalam pembelajaran abad 21 disusun dan dikembangkan untuk mengukur pencapaian belajar siswa yang meliputi kompetensi interpersonal (kemampuan untuk bekerja dengan orang lain seperti kemampuan manajemen diri, kerjasama, komunikasi yang efektif, dan kemampuan mejaga hubungan dengan orang lain secara emosional), kompetensi pengetahuan (berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, kolaborasi, kemunikasi), kompetensi intrapersonal (kemampuan kerja dalam tim, kolaborasi, komunikasi, kerja sama, dan koordinasi). Dengan demikian, sumber daya manusia yang melek informasi, data, dan teknologi yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan hidup dan pasar kerja di era globalisasi saat ini dan di masa depan akan mampu dicetak melalui pembelajaran inovatif abad 21.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: Mr Mahasiswa PGMI
Date Deposited: 01 Feb 2021 16:47
Last Modified: 01 Feb 2021 16:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item