Pengaruh Masyarakat Terhadap Perkembangan Kurikulum Pendidikan

Arrum, Alfiatur Rohmah (2021) Pengaruh Masyarakat Terhadap Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
2-Alfiatur-Rohmah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (138kB)

Abstract

Kurikulum merupakan suatu rancangan pembelajaran yang disusun untuk panduan dalam mencapai tujuan pembelajaran untuk peserta didik selama satu priode .Dalam dunia pendidikan Kurikulum merupakan suatu komponen yang sangat penting. Karena dengan adanya kurikulum dapat memudahkan guru untuk menjalankan tugasnya dalam proses bejar dan mengajar. Dengan Adanya Kurikulum ini dapat mengarahkan atau menunjukkan guru dalam proses pembelajaran, kurikulum menjadi peranan sangat penting maka dari itu pendidik harus menguasai, memahami, mengembangkan dengan baik isi kurikulum tersebut. Ketika guru sudah menguasai isi kurikulum maka otomatis guru akan memiliki metode atau teknik pembelajaran dan alat pembelajaran yang akan digunakan untuk mengajar. Dalam mencapai tujuan proses pembelajaran dengan baik, maka akan ada hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Sekolah dan masyarakat adalah dua lingkungan yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya sama-sama mempunyai kepentingan, sekolah merupakan wadah/ tempat proses pembelajaran untuk mendidik anak bangsa (Masyarakat) dan masyarakat adalah Sekelompok manusia yang hidup didunia ini dan saling berinteraksi antara satu dan yang lainnya hasil dari penerapan yang akan dilakukan peserta didik, guru dikatakan sukses kalau peserta didik itu dapat menerapkan atau mengimplementasikan yang telah guru ajarkan disekolah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: Mr Mahasiswa PGMI
Date Deposited: 01 Feb 2021 16:47
Last Modified: 01 Feb 2021 16:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item