Karakter Islam dalam Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI

Sholihah, Siti Khoirinatus (2021) Karakter Islam dalam Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
12-Siti-Khoirynatus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan problem solving dengan yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional (biasa)? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan cara menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya postes. Pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dikuasai oleh siswa sekolah dasar tidak hanya dalam kemampuan pemecahan masalah matematika, tetapi agar siswa mampu memecahkan masalah dalam bidang lain melalui cara berpikir matematis. Guru perlu memperhatikan berbagai aspek pembelajaran : perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, pemilihan media atau alat peraga dalam pembelajaran pemecahan masalah sehingga siswa memiki kemampuan memecahkan masalah yang baik dan benar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: Mr Mahasiswa PGMI
Date Deposited: 12 Jan 2021 20:02
Last Modified: 28 Jan 2021 16:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item View Item