Peran Profesionalisme Guru Dalam Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika

Regianti, Adila Maulita (2021) Peran Profesionalisme Guru Dalam Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. pp. 1-6.

[img] Text
3-Adila-Maulita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah (PMB) merupakan suatu model pembelajaran yang alternatif bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pada model pembelajaran ini bercirikan adanya masalah yang nyata yang nanti nya peserta didik dapat belajar berfikir kritis dan memecahkan masalah. Adapun langkah – langkah dalam pengaplikasian pembelajaran berbasis masalah yakni, pengenalan (orientasi) siswa pada suatu permasalahan, mengkondisikan siswa untuk belajar, membimbing siswa baik individu ataupun kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya siwa, dan mengevaluasi serta menganalisis proses pemecahan suatu masalah. Peran seorang guru sangat penting bagi peserta didik dalam membimbing dan mengajarkan suatu materi pembelajaran di sekolah.Adapun peran profesionalisme seorang guru sangat membantu dalam belajar mengajar peserta didik di sekolah dasar. Profesionalisme merupakan suatu keterampilan, kemampuan dan cara seseorang yang memiliki suatu keahlian atau kualitas yang dapat melaksanakan sesuatu yang seharusnya dilaksanakan sebagai seseorang yang professional. Jika peran seorang guru yang profesinoalisme dapat mengaplikasikan dan memahamkan kepada peserta didik dalam pembelajaran setiap hari dan dapat menjadikan metode pembelajaran berbasis masalah sebagai hal yang sudah terbiasa dalam pembelajaran maka, peserta didik akan dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:13
Last Modified: 21 Jan 2021 17:28
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item