Moh, Bashori Alwy and Widya, Mayasari and Aulia, Nur Jannah (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Teknologi Informasi Power Point di Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
artikel teknologi pendidikan widya 2.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 untuk tingkat SD maupun MI menggunakan pembelajaran tematik integratif yang artinya menuangkan semua kompetensi dari semua mata pelajaran melalui sebuah tema. Salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengembangkan salah satu bahan ajar yang maksud yaitu modul. Namun terdapat banyak kendala yang ditemukan antara lain kesiapan pendidik yang kurang dalam mengembangkan modul sebagai bahan ajar mandiri. Selain itu kemajuan teknologi yang menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran sehingga bahan ajar media cetak dirasa kurang menarik minat peserta didik tingkat SD maupun MI. Maka dari itu perlu adanya pengembangan modul berbasis teknologi, khusunya dalam artikel ini adalah teknologi informasi power point. Setelah dilakukan pengamatan di salah satu bimbingan belajar di Sidoarjo terjadi peningkatan hasil belajar setelah percobaan penggunaan modul berbasis power point dalam pembelajaran. Kondisi kelas saat pembelajaran menggunakan modul cetak kurang kondusif. Pembelajaran lebih aktif dan kondusif karena semua siswa memperhatikan dan aktif mengisi modul tersebut. Sehingga pengembangan modul tematik berbasis power point sangat tepat karena dapat diimplementasikan dengan mudah bagi guru dan menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Modul Tematik, Power Point
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | pgmi umsida |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 07:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 07:05 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6395 |
Actions (login required)
View Item |