Perkembangan Psikologi Siswa Kelas Akselerasi Dalam Pembelajaran Di Kelas

Mega Dewi Anjarsari, Mega Dewi Anjarsari Perkembangan Psikologi Siswa Kelas Akselerasi Dalam Pembelajaran Di Kelas. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
STUDI KASUS psi. bljr.doc

Download (62kB)

Abstract

Anak berbakat adalah mereka yang memiliki kemampuan-kemampuan yang unggul, dan mampu memberikan prestasi yang tinggi, disebut Talented Children. Oleh karena itu pemerintah memiliki program untuk mewadahi anak-anak berbakat tersebut. Sekolah-sekolah di Indonesia marak membuka kelas Akselerasi. Kelas Akselerasi adalah bentuk program pemerintah yakni kelas khusus yang program belajarnya dirancang sedemikian rupa untuk memberi pelayanan kepada siswa yang mempunyai bakat istimewa dan kecerdasan luar biasa untuk mengikuti percepatan dalam menempuh pendidikannya. Program tersebut tentunya memberikan dampak positif dan negative terhadap anak. Hal ini berakibat pada penyelenggaraan padatnya jam belajar anak didik dan banyaknya muatan pelajaran sehingga berakibat pada perampasan hak anak didik untuk bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya, termasuk juga dalam perkembangan psikologinya. Oleh karena itu dengan adanya studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perkembangan psikologi siswa akselerasi dalam kegiatan belajar di kelas. Kata kunci: belajar, perkembangan, psikologi, akselerasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 23 Mar 2019 00:31
Last Modified: 23 Mar 2019 00:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item View Item