Nuzulah, Firdausi and Yadri, Moh. Unis and Fitria, Lailatul (2017) AKSIOLOGI PENDIDIKAN MENURUT MACAM-MACAM FILSAFAT DUNIA (IDEALISME, REALISME, PRAGMATISME, EKSISTENSIALISME). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
aksiologi pendidikan.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (129kB) | Preview |
Abstract
Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang membicarakan tentang tujuan ilmu pengetahuan itu sendiri dan bagaimana manusia menggunakan ilmu tersebut. Jadi hakikat yang ingin dicapai aksiologi adalah hakikat manfaat yang terdapat dalam suatu pengetahuan. Objek kajian aksiologi adalah menyangkut masalah nilai kegunaan ilmu karena ilmu harus disesuaikan dengan nilai-nilai budaya dan moral sehingga nilai kegunaan ilmu itu dapat dirasakan oleh masyarakat. Aksiologi disebut teori tentang nilai yang menaruh perhatian baik dan buruk (good and bad), benar dan salah (right and wrong), serta tata cara dan tujuan (mean and end).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education |
Depositing User: | Nyong Eka Teguh Iman Santosa |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:32 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 15:32 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/573 |
Actions (login required)
View Item |