KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PERENIALISME, ESENSIALISME, DAN PROGRESIVISME

Rahmawati, Deffi and Ihda, Nanda and Faqih, Reza (2017) KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PERENIALISME, ESENSIALISME, DAN PROGRESIVISME. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
kurikulum pendidikan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (72kB) | Preview

Abstract

Dalam arti sempit, istilah kurikulum sering digunakan dalam dunia olahraga diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh si pelari mulai dari start hingga finis untuk mendapatkan penghargaan. Setelah itu diterapkan dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah matapelajaran yang dilalui mulai awal hingga akhir untuk mendapatkan ijazah. Keberhasilan siswa ditentukan oleh seberapa jauh bakat pelajaran yang dikuasai. Pengertian yang lebih luas kurikulum tidak terbatas pada sejumlah matapelajaran, tapi semua pengalaman belajar yang dialami siswa untuk mempengaruhi perkembanagan pribadinya. Di artikel ini, kita bahas kurikulum menurut berbagai aliran filsafat, yaitu perenialisme, esensialisme, dan progresivisme.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: Nyong Eka Teguh Iman Santosa
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:19
Last Modified: 26 Sep 2017 08:23
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item