Khurriyah, Lilik (2018) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TARJIM DALAM KEGIATAN BTQ DI MTsN 4 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LILIK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
Abstract
Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang memuat berbagai sumber ajaran Islam yang berbagai sumber ajaran Islam yang berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman hidup untuk mencapai Ridho dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Membaca Al-Qur'an merupakan suatu ibadah. Dengan demikian membaca Al-Qur'an mulai dari belajar membaca huruf-hurufnya adalah wajib, sebab kemampuan dan kecintaan terhadap Al-Qur'an merupakan langkah awal bagi upaya pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari- hari. Pembelajaran Tarjim merupakan bagian dari pendidikan Islam yang difokuskan pada pemahaman arti dan kaidah bahasanya, kata demi kata, ayat demi ayat secara berurutan. Penulis mengangkat judul ini dengan tujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran tarjim yang ada di MTsN 4 Sidoarjo dan untuk mengetahui solusi yang diambil untuk mengatasi problematika yang terjadi. Pada penelitian kali ini penulis menggunakan Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Pendekatan ini dalam pelaksanaan penelitiannya memang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi yang dimanipulasi keadaan dan kondisinya menekankan pada deskripsi secara alamiah. di samping itu dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi teknik analisis deskriptif kualitatif sehingga hasil dari penelitian ini lebih banyak menghasilkan data-data tertulis. Dari penelitian ini diperoleh sebuah kesimpulan bahwa: 1). problematika yang terjadi yaitu problem tingkat pengetahuan peserta didik yang tidak sama mengakibatkan semangat belajar dan potensi belajar tidak berimbang. dan problem penguasaan dan pengembangan materi menjadi penghambat keberhasilan proses belajar mengajar. 2). solusi yang diambil dalam mengatasi problem antara lain mengenali karakteristik masing-masing peserta didik dan menggunakan metode mengajar yang tepat, mencari bahan bandingan sebagai sumber pembelajaran misalkan menggunakan alat bantu atau alat peraga. upaya lain yang dapat dilakukan adalah guru mengembangkan potensi diri dengan banyak belajar dari orang lain maupun menambah wawasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Tarjim; BTQ. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 01 Sep 2018 01:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2018 01:47 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5494 |
Actions (login required)
View Item |