Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Islam bidang studi akhlak kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Tanggulangin Sidoarjo

SANTOSO, FEBBIANTI WIDIA (2018) Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Islam bidang studi akhlak kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 142071000029.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dari hasil observasi pada awal pembelajaran Al-Islam di kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Boarding School Tanggulangin guru masih menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan pendekatan dalam pembelajarannya sehingga susana pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Setelah melihat hasil dari evaluasi pembelajaran, terlihat masih banyak siswa yang memiliki nilai rendah atau tidak mencapai batas KKM yang sudah ditentukan. Inilah yang melatar belakangi penelitian ini dilaksanakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII SMPM 9 BS Tanggulangin dalam materi Akhlak di pembelajaran Al-Islam sebelum diterapkannya pendekatan PAIKEM? 2) Apakah pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPM 9 BS Tanggulangin dalam pembelajaran Al-Islam materi Akhlak ?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan siklus sebanyak empat kali, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan di dalamnya terdiri dari empat tahapan secara berurutan, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Boarding School Tanggulangin dengan jumlah siswa 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Islam Bidang Studi Akhlak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Islam bidang studi Akhlak menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan peningkatan nilai prestasi belajar siswa pada setiap siklus. Siklus pertama prestasi belajar yang diperoleh siswa yaitu 50 % dengan rata-rata 64.9 dan belum mencapai batas nilai KKM, pada siklus kedua prestasi belajar yang diperoleh siswa meningkat menjadi 65 % dengan rata-rata 75.4, pada siklus ketiga prestasi belajar yang diperoleh siswa meningkat menjadi 94 % dengan rata-rata 84.6, dan pada siklus ke empat prestasi belajar siswa meningkat sampai diatas rata-rata batas KKM yang ditentukan yaitu 100 % dengan rata-rata 95.1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PAIKEM; Materi Akhlak dalam pembelajaran Al-Islam; Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:51
Last Modified: 31 Aug 2018 06:51
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item