Problematika penerapan pendekatan cooperative learning pada pembelajaran Al-Islam di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Tulangan

Ulum, M Rohmun (2018) Problematika penerapan pendekatan cooperative learning pada pembelajaran Al-Islam di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
1420171000018.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

M Rohmun Ulum (142071000018) 2018. Problematika Penerapan Pendekatan Cooperative Learning pada Pembelajaran Al-Islam di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Tulngan.Ainun Nadlif, S. Ag, M. Pd. I. KATA KUNCI: Pembelajaran Al-Islam, Penerapan Pendekatan Cooperative Learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengerti problematika penerapan pendekatan cooperative learning pada pembelajaran Al-Islam di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Penerapan cooperative learning pada dasarnya sistem pembelajaran pada perilaku belajar bersama atau kelompok yang beranggota 4-6 siswa. Dari pembelajaran cooperative learning menciptakan situasi keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh keberhasilan kelompok. Tahap metode penelitian, penulis menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara dengan guru, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning pada pembelajaran Al-Islam di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, menunjukan bahwa penerapan cooperative learning ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para guru yaitu ada beberapa siswa yang menyesuaikan diri dengan kelompok barunya dan itu menjadi pemahaman guru dalam menerapakan pendekatan cooperative learning. Langkah-langkah dalam penerapan cooperative learning pada pembelajaran Al-Islam di kelas X MIPA yaitu 1) pembagian kelompok 2) pembagian materi kepada semua kelompok 3) membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar bersama, 4) mengevaluasi pembelajaran, hal tersebut membuat pembelajaran berjalan secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Islam; penerapan pendekatan cooperative learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:13
Last Modified: 03 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item