IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN DI SMAN 04 SIDOARJO

Jannah, Iftakhul (2018) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN DI SMAN 04 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-142071000039.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang terjadi sekarang adalah munculnya fenomena tentang menurunya kualitas akhlak peserta didik seperti pergaulan bebas, narkoba, dan lain-lain yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak. Dengan persoalan tersebut seorang guru harus menerapkan pembelajaran contextual teaching and learning dalam penanaman nilai keagamaan. Dengan pembelajaran tersebut maka peserta didik dapat menjauhi perbuatan- perbuatan yang di larang oleh agama, karena pada pembelajaran contextual teaching and learning memiliki makna peserta didik dapat memahami materi yang telah diajarkan oleh guru sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini untuk :1). Untuk mengetahui implementasi contextual teaching and learning pada pelajaran pendidikan agama islam dalam penanaman nilai keagamaan di SMAN 04 Sidoarjo. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi contextual teaching and learning pada pelajaran pendidikan agama islam dalam penanaman nilai keagamaan di SMAN 04 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan untuk mencari fenomena dan dan karakteristik individu , situasi atau kelompok tertentu secara akurat metode penelitian kualitatif lapangan sebab menfokuskan pada proses aplikasi tentang implementasi contextual teaching and learning pada pelajaran pendidikan agama islam dalam penanaman nilai keagamaan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan Conclusion Drawing( Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi contextual teaching and learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai keagamaan di SMAN 04 Sidoarjosudah terlaksana dengan baik mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik yang ada pada pembelajaran kontekstual akan tetapi tidak semua kompenen yang ada pada pembelajaran kontekstual itu diterapkan oleh guru. Adapun dalam implementasi contextual teaching and learning dalam penanaman nilai keagamaan tidak hanya dilakukan di kegiatan akademik saja akan tetapi juga kegiatan non akademik. Adapun kegiatan yang menunjang implementasi contextual teaching and learning pada pelajaran pendidikan dalam penanaman nilai keagamaan sebagai berikut:1). Khutbah yang dilaksanakan setiap hari jum’at di masjid 2). Mengikuti kajian dan membaca surat yasin setiap hari jum’at pagi.3).Mengikuti acara bakti sosial yang diadakan oleh dewan pengurus masjid(DKM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning; penanaman nilai keagamaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:35
Last Modified: 30 Aug 2018 06:36
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item