Anam, Moch Khoirul (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP - 142071000030.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan pada observasi diawal penelitihan di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan ditemukan bahwa ketika proses pembelajaran terdapat siswa yang tidak mendengarkan pelajaran didalam kelas, dan juga masih banyak siswa yang bermain gadged pada waktu pelajaran. Inilah yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitihan ini. Hal ini dikarenakan guru dalam memberikan materi cenderung monoton dan siswa cenderung cepat merasa bosan. Peristiwa seperti ini bisa menurunkan motivasi belajar siswa. Peneliti memberikan reward dengan tujuan agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Al-Islam. Reward merupakan salah satu factor dalam meningkatkan motivasi belajar. Adapun Rumusan masalah pada penelitihan ini ialah: 1) Bagaimana bentuk pemberian reward pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, 2) Bagaimana pengaruh pemberian reward pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Tujuan dari penelitihan ini ialah : 1) mengetahui bentuk pemberian reward pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, 2) mengetahui pengaruh pemberian reward di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Penelitihan ini menggunakan metode penelitihan kuantitatif. Penelitihan kuantitatif menggunakan angka-angka sebagai hasil penelitihannya. Populasi dalam penelitihan kuantitatif ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, sedangkan sampelnya peneliti mengambil sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah observasi, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitihan ini menggunakan rumus product moment. Dari hasil penelitihan ini dikatuhi bahwa pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam termasuk dalam kategori berkecukupan. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus product moment ialah 0,544. Pemberian reward di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan berupa nilai yang bagus, alat tulis, dan juga siswa mendapat pujian dari guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | skripsi |
Uncontrolled Keywords: | reward; motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 03:37 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 03:37 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5342 |
Actions (login required)
View Item |