PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN

Anam, Moch Khoirul (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - 142071000030.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pada observasi diawal penelitihan di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan ditemukan bahwa ketika proses pembelajaran terdapat siswa yang tidak mendengarkan pelajaran didalam kelas, dan juga masih banyak siswa yang bermain gadged pada waktu pelajaran. Inilah yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitihan ini. Hal ini dikarenakan guru dalam memberikan materi cenderung monoton dan siswa cenderung cepat merasa bosan. Peristiwa seperti ini bisa menurunkan motivasi belajar siswa. Peneliti memberikan reward dengan tujuan agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Al-Islam. Reward merupakan salah satu factor dalam meningkatkan motivasi belajar. Adapun Rumusan masalah pada penelitihan ini ialah: 1) Bagaimana bentuk pemberian reward pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, 2) Bagaimana pengaruh pemberian reward pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Tujuan dari penelitihan ini ialah : 1) mengetahui bentuk pemberian reward pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, 2) mengetahui pengaruh pemberian reward di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Penelitihan ini menggunakan metode penelitihan kuantitatif. Penelitihan kuantitatif menggunakan angka-angka sebagai hasil penelitihannya. Populasi dalam penelitihan kuantitatif ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, sedangkan sampelnya peneliti mengambil sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah observasi, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitihan ini menggunakan rumus product moment. Dari hasil penelitihan ini dikatuhi bahwa pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam termasuk dalam kategori berkecukupan. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus product moment ialah 0,544. Pemberian reward di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan berupa nilai yang bagus, alat tulis, dan juga siswa mendapat pujian dari guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: reward; motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:37
Last Modified: 31 Aug 2018 03:37
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item