IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 4 SIDOARJO

Rosalia, Fifit (2018) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 4 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-142071000032.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran pendidikan agama islam adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru saat proses pembelajaran.Oleh sebab itu, untuk mencapai pembelajaran yang aktif dan pembelajaran lebih berpusat pada siswa, maka salah satu metode pembelajaran yang tepat dan cocok untuk peserta didik adalah metode Mind Mapping.Metode ini dirasa cocok karena pembelajarannya lebih berpusat kepada siswa secara aktif dan siswa lebih berpartisipasi dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa terhadap materi pelajaran juga lebih meningkat.Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui implementasi metode Mind Mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Mind Mapping. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis datanya menggunakan model grounded theory yakni berupa penyajian data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Sidoarjo. Pertama, guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai. Kemudian guru menyampaikan permasalahan yang peserta didik akan tanggapi mengenai materi pelajaran yang dibahas. Setelah itu guru membentuk beberapa kelompok. Dan setiap kelompok diberi kesempatan untukmencatat alternatif jawaban hasil dari diskusi. Kemudian, setiap kelompok ditugaskan untuk membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan serta mengelompokkan sesuai kebutuhan. Setelah itu, dari data yang sudah ditulis di papan, peserta didik diminta untuk menyusun dan membuat kesimpulan. Disamping itu, guru juga memberikan perbandingan sesuai dengan konsep yang telah disediakan. Adapun kendala dalam penerapan metode Mind Mapping di SMAN 4 Sidoarjo adalah masih ada guru yang belum mengaplikasikan metode Mind Mapping dan kurangnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Metode Mind Mapping; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:06
Last Modified: 30 Aug 2018 06:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item