PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDAMPING IPA TEMATIK KELAS V TEMA MAKANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI KHOIRUL HUDA SEDATI SIDOARJO

TOYIBA, FITRIYANI (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDAMPING IPA TEMATIK KELAS V TEMA MAKANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI KHOIRUL HUDA SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
Skripsi lengkap 142071200022.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPA didefinisikan sebagai interaksi antara komponen-komponen pembelajaran dalam bentuk proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang berbentuk kompetensi yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA tema Makanan Sehat di MI Khoirul Huda sedati menunjukkan bahwa belum sepenuhnya memahami konsep tentang Makanan sehat karena metode yang digunakan guru masih cenderung memindahkan konsep-konsep yang terdapat didalam buku, selain itu bahan ajar yang digunakan sekolah masih dinilai kurang lengkap. Oleh karena itu perlu adanya bahan ajar pendamping yang mampu menyajikan bentuk yang menarik di materi itu sendiri, seperti perluasan materi. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mendesain dan menjelaskan kelayakan buku ajar pendamping IPA Tematik di kelas V (2) Menjelaskan seberapa besar peningkatan hasil belajar dalam dikembangkan dan diterapkannya buku ajar pendamping IPA tematik di kelas V. `Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research dan Development. Produk yang dihasilkan adalah buku ajar pendamping IPA Tematik Kelas V Tema makanan Sehat MI Khoirul Huda sedate. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model pengembangan Walter Dick and Lou Carey dengan 9 tahapan desain pembelajaran. Hasil dari pengembangan buku ajar memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli konten mencapai95,45%, hasil validasi ahli desain mencapai 85%, hasil validasi ahli bahasa mencapai95% , hasil uji coba perseorangan mencapai 85,71%, hasil uji coba kelompok kecil mencapai 97,14%, dan hasil kelompok besar mencapai 97,87%. Hasil analisis uji t menggunakan SPSS 15 dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan nilai p-value statisik uji t adalah sebesar 0.00 yang berarti (< 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa tolak Ho dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata nilai pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Khoirul Huda Sedati sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: bUKU AJAR PENDAMPING; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 08:19
Last Modified: 29 Aug 2018 08:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item