IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN

Muzadi, Hisyam (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
(SKRIPSI LENGKAP- 142071000026. Pdf).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Pertanyaan yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah beserta wakil dan para guru di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan meliputi manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, dan manajemen pelayanan khusus lembaga pendidikan. (2) Faktor yang mendukung dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan adalah keinginan yang sangat besar pada diri warga sekolah untuk menjadikan sekolah yang lebih maju sedangkan faktor yang menghambat adalah masih ada guru yang lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan tugas-tugasnya yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Manajemen Berbasis Sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:38
Last Modified: 29 Aug 2018 06:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item