IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DI SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

lailatus, khusnaini (2018) IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DI SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148620600226.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V dalam menyelesaikan soal open ended pada siswa laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo, (2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada siswa perempuan dengan kemampuan matematika tinggi di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana subjek diambil menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 4 siswa dengan rincian 2 siswa laki-laki dan 2 perempuan. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data triangulasi waktu yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berjenis kelamin laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi berada pada tingkat 3 (kreatif). Hal ini ditunjukkan dengan siswa mampu menunjukkan kefasihan dan kebaruan atau kefasihan dan fleksibilitas dalam menyelesaikan soal open ended. (2)Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan matematika tinggi berada pada tingkat 1 (kurang kreatif). Hal ini ditunjukkan dengan siswa mampu menunjukkan kefasihan saja tapi belum mampu menunjukkan fleksibilitas dan kebaruan dalam menyelesaikan soal open ended.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Tingkat kemampuan berpikir kreatif; open ended; Jenis kelamin; Kemampuan matematika tinggi
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Primary Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:59
Last Modified: 29 Aug 2018 03:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item View Item