penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media kartu terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Wonomlati krembung

Amaliya, Indras Faizjatul (2018) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media kartu terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Wonomlati krembung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - 148620600156.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media kartu terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Wonomlati Krembung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Pre-Experimental dengan Design One – Group Pretest – Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai pretest dan posttest adalah 53,5% dan 87,25%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung sebesar 11,32 sedangkan ttabel sebesar 1,729, perbandingan tersebut menunjukan (11,32 > 1,729) berarti Ha diterima Ho ditolak. Hasil pehitungan uji eta squared sebesar 0,87 artinya ada pengaruh besar dengan hasil 0,87 > 0,14. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media kartu terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Wonomlati Krembung. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media kartu dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skiripsi
Uncontrolled Keywords: number head together; media kartu; hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:27
Last Modified: 28 Aug 2018 07:27
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item View Item